The Presentation Of Self in Everyday Life:Studi Pustaka Dalam Memahami Realitas Dalam Perspektif ERVING GOFFMAN

Michael Jibrael Rorong

Abstract


Abstract

The issue of life in understanding every reality provides such a complex understanding, these aspects look at different perspectives in each individual that places themselves in a distinctly different order of life. These issues lead us to Ervin Gofman's understanding and view of one's self-presentation. Someone in doing activities to demonstrate their existence requires movement by displaying various aspects, such as what life is living with real life has a very different difference. This understanding is poured by Ervin Goffman with the proposed theory of presentation of self.

Key Word : Presentation of Self, Ervin Goffman.

Abstrak

Persoalan kehidupan dalam memahami setiap realitas memberikan pemahaman yang begitu kompleks, aspek-aspek ini melihat berbagai sudut pandang dalam setiap individu yang menempatkan diri mereka pada tatanan kehidupan yang memiliki perbedaan. Persoalan-persoalan ini menghantarkan kita pada pemahaman dan pandangan Ervin Gofman tentang presentasi diri seseorang. Seseorang dalam melakukan aktivitas untuk mempertunjukan eksistensi yang mereka lakukan membutuhkan pergerakan dengan menampilkan berbagai macam aspek tertentu, seperti apa kehidupan yang dijalani dengan kehidupan yang sesunguhnya memiliki perbedaan yang sangat berbeda. Pemahaman ini dituankgan oleh Ervin Goffman dengan teori yang dikemukakan yaitu presentation of self.

Kata Kunci : Presentasi Diri, Ervin Goffman,


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan kualitatif. Bandung. : Simbiosa Rekatama Media.

Devito, A. Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta : Professional Books.

Goffman, Erving. 1959. The Presentation of Self in Everyday Life. Jakarta: Erlangga.

Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Mulyana, Deddy. 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung, Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.